Punya banyak hobi ??? No problem guys, mari kembangkan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesi (KBBI), hobi dapat diartikan sebagai kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang dan bukan merupakan pekerjaan utama. Setiap orang pada umumnya pasti memiliki hobi,mustahil bila orang yang hidup di dunia yang penuh dengan nikmat dari Sang Pencipta ini tidak memiliki satupun kesenangan dalam hidupnya. Itu artinya hobi merupakan sesuatu yang sudah sangat melekat pada diri manusia tersebut.

Meskipun demikian, tidak semua orang memiliki hobi yang baik. Hobi yang baik disini maksudnya adalah hobi yang dapat dikembangkan sehingga dapat menjadi sebuah prestasi. Contohnya, hobi menyanyi, menulis, bermain sepak bola dan sebagainya. Sebuah kegemaran yang baik adalah sebuah kegemaran yang dapat berkembang, menjadikan hidupnya lebih baik bahkan berarti bagi orang disekitarnya. Hobi yang berkembang tentunya didasari oleh kecintaan terhadap hobi tersebut. Sehingaa menjalankan hobi tersebut membuat kita selalu bahagia dan menikmati hidup.

Banyak sekali hobi yang dapat mengahasilkan prestasi. Dan ternyata banyak pula orang yang memiliki banyak hobi yang baik. Hal ini terkadang menjadi permasalahan bagi segelintir orang. Hobi mana yang harus aku kembangkan ??? Hobi mana yang harus aku tinggalkan ???

Well, mempunyai banyak hobi tentunya bukanlah kabar buruk bagi kita. Justru dengan mempunyai banyak hobi, secara tidak langsung kita mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Siapa tau dari sekian hobi kita berpotensi untuk menjadi prestasi :D
Mungkin lebih tepat permasalahnnya adalah bagaimana cara kita memilah banyak hobi tersebut. Nah, untuk itu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.
  1. Cari potensi diri. Sebuah hobi yang baik akan menjadi sebuah prestasi yang baik pula jika didukung oleh kemampuan yang kita miliki untuk menguasai hobi tersebut. Sehingga kegemaran kita pada seseuatu hal seimbang dengan kemampuan kita untuk menekuninya. Cara untuk mengetahui potensi diri adalah dengan mendengarkan pendapat orang lain. Minta pendapat ada orang terdekat yang bisa memeberikan pendapat dengan baik, tentang bakat atau potensi apa yang kita miliki. Pendapat mereka bisa sangat membantu kita untuk menentukan pilihan yang tepat.
  2. Jujur pada diri sendiri. Hal ini penting dilakukan suapaya kita mengetahui hobi apa yang paling kita sukai diantara sekian banyak kegemaran tersebut. Hobi mana yang paling sering kita lakukan, hobi mana yang paling membuat kita merasa bahagia.
  3. Urutkan hobi. Setelah kita mengetahui hobi apa yang paling berpotensi dan paling kita sukai, maka langkah selanjutnya adalah mengurutkan hobi-hobi tersebut mulai dari yang paling berpotensi sampai hobi yang sekedar suka. Hal ini dilakukan supaya kita lebih terarah dalam mengembangkan banyak hobi.
  4. Fokus. Setelah mengurutkan hobi, kita harus fokus terhadap hobi yang paling berpotensi. Mulailah dengan lebih banyak belajar tentang hobi tersebut. Misalnya hobi kita adalah menyanyi, mungkin kita harus mengikuti les vocal, rajin berlatih sendiri, mulai berani mengikuti lomba-lomba, dan lain sebagainya.
  5. Membagi waktu. Setelah fokus dengan tujuan utama, bukan berarti kita melupakan hobi-hobi yang lain. Itulah gunanya dari list hobi yang kita lakukan sebelumnya. Luangkanlah waktu untuk mengembangkan hobi yang lain, meskipun fokus utama tetap kepada hobi utama. Misalya, jika kita hobi menulis sempatkanlah waktu untuk menulis minimal hanya menulis buku harian. Atau jika kita kita hobi bermain basket, siapkanlah akhir pekan untuk latihan basket bersama teman-teman atau jika memungkinkan bersama sebuah tim.
  6. Lakukan tanpa beban. Mengembangkan hobi yang banyak itu sangat menyenangkan, meskipun tidak dipungkiri juga bisa membuat kita kelelahan, mengganggu aktifitas belajar, dan lain-lain. Nah, disini kita harus melakukannya dengan santai dan bahagia. Karena pada dasarnya hobi adalah hal yang kita cintai, maka tidak ada alasan untuk kita tidak menikmatinya disaat kita melakukan hal tersebut. 
Memiliki banyak kegemaran adalah sebuah anugrah yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa. Apalagi hobi tersebut diimbangi dengan potensi yang kita miliki. Itu sudah menjadi modal yang besar untuk kelangsungan perkembangan hidup kita. Maka daripada itu berbuatlah pada hobi yang kita miliki. Kembangkan, bermimpi dengan kegemaran itu, jadikan kegemaran itu banyak prestasi, maka kita akan merasa bermanfaat hidup di dunia ini. Jadi, bagi kamu yang memiliki banyak hobi, jangan takut untuk mengembangkannya. Ayo kita jadikan hobi tersebut sebagai awal dari prestasi yang kemudian bahkan bisa menjadi jalan kesuksesan kita. Banyak sekali orang sukses karena hobi. Penulis, penyanyi, pelukis, bahkan olahragawan terkenal berkarir dari hobi. Dan satu hal yang sangat penting dari itu semua adalah jangan takut untuk bermimpi. Bermimpilah setingi langit, percaya pada mimpi itu, dan buat menjadi kenyataan.

"Dream, Believe and Make It Happen"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernahkah Kau Merasa dipeluk Oleh Sebuah Lagu ?

Jurnal Harum #2 Bertemu di April ; banyak hal yang layak ditinggalkan

Jurnal Harum #1 layaknya menyapa sahabat pena